TULISAN 4

Tulisan 4

INOVASI TEKNOLOGI PADA PERUSAHAAN POS INDONESIA DENGAN FEDEX



Pos Indonesia





Kelebihan:  
- Tarif yang diberikan oleh Pos Indonesia lebih terjangkau  
- Pos Indonesia sudah dapat diakses online sejak tahun 2010
- Pos Indonesia dapat mengirimkan jasa nya hingga ke pelosok-polosok desa
- Untuk jalur internasional Pos indonesia yang paling mumpuni, mereka ada cooperation  dengan EMS, cepat dan termurah 
- Pos Indonesia memberikan timbangan yang real tidak dikurang-kurangkan atau dilebihkan
- Paket kecil lebih murah, Pos Indonesia menghitung tarif kiriman berdasarkan satuan pergram, bukan perkilogram. Sehingga jika paket yang kita kirim beratnya hanya 100 g maka tarifnya seberat itu, tidak  dibulatkan menjadi 1 kg.

- Kantor Pos ada setiap kecamatan
- Tarif kiriman domestik update dan seragam
- Kantor Pos pusat buka lebih lama
- Kiriman jumbo ada tarif khusus 
- Pelayanan prima

  
Kelemahan:
- Masih kurang dikenal oleh masyarakat luas, karena masih banyak masyarakat hanya menghetahui kalau Pos Indonesia hanya melayani pengiriman jasa surat saja.- Pos kilat khusus sering kali mengcancel tujuan alamat yang sedang kosong atau ditinggal pergi, padahal seharusnya mereka bisa menghubungi si penerima bila hal itu terjadi.
- Kurang nya iklan, masih banyak
 masyarakat Indonesia belum paham dengan cara kerja ataupun mekanisme dari produk – produk yang ada dalam PT POS INDONESIA sehingga konsumen enggan dalam menggunakan produk yang telah ada.
- Masyarakat Indonesia masih belum percaya dengan keamanan informasi di Indonesia karena banyaknya problem dan tragedy yang terjadi belakangan ini di dalam negeri. 
- Kebanyakan produk – produk inovasi baru PT POS INDONESIA masih digunakan oleh masyarakat menengah ke atas contohnya seperti mail online, terbatasnya jaringan online   dimasyarakat itulah yang jadi hambatan karena tidak semua orang memiliki jaringan internet.




FEDEX




Kelebihan:
- Dapat melacak status logistik/barang yang dikirim

- Fedex membentuk pusat distribusi FedEx Express (EDC's) di 11 negara di selurus asia ( 5 diJepang, 4 di Korea Selatan, masing-masing 2 di Singapura, China dan Australia, masing-masing satu di Hong Kong, Thailand dan Indonesia) 

Kelemahan:      
- Membuat persetujuan menaikkan nilai barang delapan kali lipat tanpa memberikan konfirmasi kepada costumer, sehingga nilai tebus yang harus dibayar berjumlah enam kali lipat dari yang seharusnya
- Costumer service yang sangat buruk dan sama sekali tidak ada usaha menindaklanjuti komplain costumer.
- Membiarkan costumer menunggu hingga lebih dari satu jam tanpa diberikan pelayanan apa pun, bahkan hingga lima jam rapat tamu tidak disuguhi air putih.
- Atasan yang tidak mau menemui costumer dengan alasan sedang keluar mencari makan dari siang berjam-jam dan tidak kembali ke kantor hingga sore. 
- Tidak dapat memberikan data-data yang costumer inginkan sebagai transparansi
  dengan alasan yang tidak jelas


Sumber :



Komentar

Postingan Populer