TULISAN 5

Strategi Marketing 4p McDonald’s







Rahasia kesuksesan McDonald’s terletak pada strategi 4P Marketing Mix yang meliputi Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi).

1. Product
Produk McDonald’s sebisa mungkin diseragamkan dan disesuaikan dengan budaya dan selera masyaraka setempat, sehingga McDonald’s dapat bersaing dengan restoran lainnya di seluruh dunia. Produk – produk McDonald’s juga sudah sangat terkenal di seluruh dunia berkat keseragaman menu yang dijunjung tinggi oleh McDonald’s.

2. Price
Dalam memasarkan produknya, McDonald’s mengutamakan harga. Harga yang dimaksudkan terkait dengan value (nilai). Di Indonesia, produk Big Mac kurang dapat bersaing karena termasuk mahal, namun karena McDonald’s jeli melihat kesukaan orang Indonesia terhadap ayam, maka diciptakan lah menu chicken burger yang lebih murah.

3. Place
Setiap restoran McDonald’s baik di Amerika maupun di negara lain selalu ditempatkan di tempat yang strategis. Baik itu di dekat jalanan utama, mall maupun pusat perkantoran. Lokasi yang strategis sangat mempengaruhi minat pelanggan untuk singgah di McDonald’s.

4. Promotion
Promosi juga memegang peranan penting dalam kesuksesan McDonald’s. Logo golden arches, tokoh Ronald McDonald’s, dan slogan “I’m Lovin’ It” sukses membawa McDonald’s dikenal oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia.

Kesimpulan :
 
McDonald’s merupakan salah satu contoh brand yang dapat mengaplikasikan strategi pemasaran yang cukup baik sehingga dapat membawanya menjadi market leader di bidang restoran  cepat saji.
McDonald’s sangat memperhatikan setiap detail strategi pemasaran produknya. McDonald’s mampu memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Marketing mix pun dapat diterapkan dengan baik oleh McDonald’s.





Sumber :

  •          Irawan, Handi. (2003). Winning Strategy: Startegi Efektif Merebut dan Mempertahankan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  •     Kartajaya, Hermawan. (2008). New Wave Marketing: The World Is Still Round The Market Is Already Flat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  •     Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  •          Sunarya, PO Abbas, Sudaryono dan Asep Saefullah. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: Penerbit ANDI
  •     Trinity. (2011). The Naked Traveller 3. Yogyakarta: B-First
  •     http%3A%2F%2Fwww.commucorner.com%2F2013%2F05%2Fanalisis-swot-strategipemasaran.html&h=UAQEyv6QI
  •     http%3A%2F%2Framadhaniansyah.blogspot.com%2F2011%2F01%2Fstudi-kasus-restorant-cepat-saji.html&h=UAQEyv6QIhttp://spocjournal.com/ekonomi/marketing/452-marketing-pemasaran-analisa-swot-marketing-mix-4p-mc-donald%E2%80%99s.html




Komentar

Postingan Populer