Paper Tentang " Yuk-Beauty!
1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Kebutuhan
make up professional untuk
acara besar seringkali menjadi masalah karena banyak faktor. Bisa jadi karena
sulit mendapat model make up
yang cocok dengan selera, harga yang terlalu mahal atau sulit menyesuaikan
jadwal dengan perias. Penulis mengusulkan sebuah inovasi baru “Yuk-Beauty!” sebagai
salah satu marketplace untuk mengatasi masalah akan kebutuhan make up professional. Situs
untuk
memenuhi kebutuhan make up professional sendiri sudah hadir di indonesia seperti Go-Glam dengan layanan
creambath......dll, akan tetapi untuk make-up professional seperti
make-up wisuda, make-up untuk acara resepsi sampai pada make-up pre-wedding
dimana jasa make-up “Yuk-Beauty!” ini merupakan jasa make-up professional
dengan harga terjangkau.
Sistem
kerjanya sama persis dengan online marketplace
pada umumnya. Ada daftar profil “Yuk-Beauty!”
yang bisa ditelusuri, kemudian ada
portofolio hasil make up yang
terpampak dalam profil. Selain itu juga ditampilkan pricelist sesuai dengan jasa yang
diinginkan, mulai dari basic make up
hingga make up untuk acara resmi dan
berkelas. Konsumen
juga dapat memeriksa ketersediaan “Yuk-Beauty!”, apakah mereka bisa bekerja pada
hari yang diinginkan. Bila belum, konsumen bisa langsung melakukan pemesanan,
bahkan hingga dari jauh-jauh hari. Menariknya dari inovasi “Yuk-Beauty!”
ini juga akan memberikan discount-discount khusus untuk event di tanggal
tertentu (missal : acara wisuda, hari besar seperti : Kartini-an, Hari Ibu)
serta tarif khusus untuk member aplikasi “Yuk-Beauty!”. Pada awal peluncuran,
inovasi “Yuk-Beauty!” akan memberikan layanan make-up gratis pada jam-jam
tertentu.
Inovasi kedepan layanan “Yuk-Beauty!” akan menyediakan sistem deposit
dimana berupa Top-Up saldo aplikasi “Yuk-Beauty!” dimana member khusus yang
menggunakan pembayaran lewat aplikasi akan mendapatkan harga khusus. Selain itu juga “Yuk-Beauty!”
akan mengintegrasikan
profil “Yuk-Beauty!”dengan beberapa akun social media seperti : Facebook, Path dan Instagram mereka masing-masing.
Inovasi “Yuk-Beauty!” diharapkan dapat meningkatkan jumlah klien dengan
menggaet pasar yang sebelumnya sulit dicapai hanya dari cerita dari mulut ke
mulut. Untuk
perias “Yuk-Beauty!” yang tertarik bergabung, mereka
harus memiliki portofolio yang sudah terpajang dalam media sosial. Artinya, para perias
yang terdaftar dan bergabung di “Yuk-Beauty!” bukanlah orang-orang yang baru
belajar make up. Nantinya tim “Yuk-Beauty!” akan mensortir siapa saja yang
layak bergabung. Untuk sistem pembagian hasilnya, dari total booking
perolehan untuk perias“Yuk-Beauty!”adalah 75% dan pengagas “Yuk-Beauty!” sebesar 25%.
1.2. Tujuan
Penulisan
Inovasi
“Yuk-Beauty!”
ini diharapkan dapat menjelma jadi marketplace
untuk pemesanan jasa make
up professional. “Yuk-Beauty!” diharapkan dapat berkontribusi positif dalam
membantu service kecantikan yang saat ini masih terkendala biaya yang tinggi dan
lokasi perias.
Dengan pemesanan secara online, pencari jasa make-up dapat mencari jasa make-up
dengan jadi lebih mudah dan instan. Inovasi “Yuk-Beauty!” memiliki keuntungan dalam meningkatkan online marketing jasa perias, bertemu
dengan klien baru, mendapat professional
tools guna memaksimalkan bisnis jasa make-up professional.
1.3. Terobosan
dalam Inovasi “Yuk-Beauty!”
Dalam memperkuat inovasi baru “Yuk-Beauty!” maka dapat
dilakukan beberapa terobosan penting yang diusulkan penulis salah satunya
dengan mencari investor baru untuk perkuat bisnis. Seluruh dana yang akan didapat
nantinya akan dipergunakan untuk pengembangan produk, merekrut tenaga baru, dan
kegiatan marketing misalnya mengadakan event gathering. Seluruh dana nantinya akan kita
salurkan untuk pengembangan bisnis, termasuk membuat aplikasi untuk smartphone.
2. LANDASAN TEORI
2.1. Definisi dan
Sejarah Telematika
Layanan Telematika
merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang
didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh telematika. Di zaman pra-sejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran,
pengetahuan, dan gagasannya ke lingkungan sosialnya secara verbal. Dan dalam
beberapa kasus, dengan menggunakan simbol-simbol material berupa ukiran pada
batu, dinding gua, dan lain sebagainya. Komunikasi tertulis yang mula-mula
dikembangkan memungkinkan informasi untuk disimpan dan dibaca oleh orang-orang
lain di waktu-waktu kemudian. Penyimpanan dan pengalihan informasi melalui
teknologi umumnya berlangsung secara lamban, mahal, dan membutuhkan banyak
tenaga.
Dengan ditemukannya teknologi cetak (printing technology), informasi dapat dialihkan ke lebih banyak
orang, di wilayah yang lebih luas, dan dengan biaya yang lebih murah. Di
peralihan millennium sekarang ini, perkembangan media elektronik, mencakup
radio, televisi, dan telepon, telah memungkinkan penurunan waktu pengalihan
informasi secara dramatik. Jarak geografis kini tidak lagi menjadi penghalang
dalam proses komunikasi dan pertukaran informasi. Biaya penyimpanan dan
pengantaran informasi secara elektronik kini telah semakin banyak ditentukan
oleh kebijakan public, ketimbang oleh faktor-faktor teknikal semata. Misalnya,
harga pulsa telepon lebih terkait dengan kebijakan regulasi public dari pada
harga actual yang dibutuhkannya.
Untuk kasus di Indonesia, perkembangan telematika
mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama
adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan
akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang wktunya adalah
tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini
dimulai tahun 2000.
2.2. Telematika dalam Inovasi Masa depan
Telematika kendaraan siap untuk
terus tumbuh secara eksponensial sebagai aplikasi komputer yang dikembangkan
untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya jumlah unit GPS, meningkatkan daya
pemrosesan dan meluasnya penggunaan perangkat mobile. Masa depan telematika akan
sangat ditentukan oleh kebutuhan pemilik kendaraan yang terus mencari cara
untuk memotong biaya, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan
akuntabilitas. Sebagai pemahaman tentang telematika berkembang lebih jauh,
demikian juga akan aplikasinya. Masa depan lebih dekat daripada yang dipikirkan. Berikut beberapa inovasi
terkait telematika di masa depan :
1. Pemetaan, masa depan yang lebih
efisien aman. Sistem
telematika modern sudah mampu menganalisis gaya mengemudi dan memberikan umpan
balik yang komprehensif untuk kedua manajer dan driver secara real time.
2. Spesifikasi Exact perjanjian dan
pengiriman. Smartphone
dapat bekerja bahu-membahu dengan teknologi telematika canggih untuk
menciptakan operasi TI yang mencakup semua aspek kehidupan - dari bisnis ke
waktu di rumah, mobil dan rekreasi. Perangkat ini juga dapat memberitahu
pengguna persis berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi pengguna untuk melakukan
perjalanan pulang untuk menyambut pedagang dan memberikan pengguna dengan rute
terbaik, dengan kemacetan lalu lintas rekening. Memperluas gagasan lanjut,
pengiriman bisa dikirim ke lokasi yang tepat ke pengguna, menunjuk sesuai
dengan sinyal GPS dari smartphone, apakah itu rumah, kantor atau bahkan kedai
kopi lokal. Sebuah mobil dapat
mengarahkan, mengerem, mempercepat, menggunakan kamera, scanner laser dan radar
untuk menjaga jarak aman dari kendaraan lain dan mengidentifikasi lampu lalu
lintas, tanda-tanda jalan dan pejalan kaki.
3. Sebuah rute baru untuk angkutan umum
. Meskipun metode transportasi umum
yang membutuhkan infrastruktur khusus yang akan dibangun pasti akan menghadapi
tantangan dengan massa-adaptasi, setelah mobil yang dapat berkendara
otomatis telah menjadi biasa, rute otomatis angkutan umum bisa membantu
untuk mengatasi masalah kemacetan dan perencanaan kota. Rute tersebut tidak
akan perlu diawaki oleh sopir, atau trek. Sebaliknya mereka akan mengikuti
jalur khusus wisata di kota atau kota, bergantung pada GPS yang akurat dan
pemetaan rinci untuk mengarahkan mereka di sekitar tikungan atau hambatan
4. Panggilan 999 Otomatis. Instalasi standar dari sistem
eCall, skema Komisi Eropa yang didukung yang memungkinkan kendaraan untuk
secara otomatis menghubungi layanan darurat dalam kasus kecelakaan.
5. Infotainment pertama. Kotak hitam telematika dan sistem
hiburan akan digabung bersama-sama dalam satu unit, membawa pilihan
infotainment baru untuk driver yang terjebak dalam lalu lintas statis atau
menunggu seseorang.
6. Sebuah komunitas mengemudi
terhubung. Telah
menyatakan bahwa 'terhubung' mobil - kendaraan yang dilengkapi dengan akses
internet built-in - adalah teknologi yang ketiga tercepat, dengan hanya tablet
dan telepon di depannya. Dengan kekuatan gabungan dari internet dan GPS,
kendaraan akan dapat memberikan pemberitahuan yang disesuaikan dengan
preferensi kedua pengemudi dan wilayah di mana mengemudi
7. kendaraan suara dikendalikan. Kontrol suara dan teknologi berbasis
layar sentuh dan kamera pelacakan yang lebih baik dari gerakan pengguna berarti
bahwa suatu hari, driver mungkin dapat mengeluarkan instruksi ke mobil dengan
kepindahan sederhana tangan mereka atau beberapa kata.
8. Munculnya teknologi (V2I)
Vehicle-to-Infrastruktur. Kendaraan-to-Infrastruktur (V2I) teknologi sepertinya akan
mendapatkan traksi yang signifikan dalam waktu dekat. Hal ini memungkinkan
kendaraan untuk berkomunikasi tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi dengan
infrastruktur lokal menggunakan Wireless Local Area Network. Dua arah hubungan
antara kendaraan dan infrastruktur pinggir jalan bisa update driver pada segala
sesuatu dari ruang parkir kosong dan perbaikan jalan sulit untuk kondisi cuaca
buruk.
9. Munculnya 'internet' . Internet interkoneksi benda
sehari-hari melalui internet - diatur berdampak lebih lanjut pada telematika.
Dari kendaraan yang dapat mengidentifikasi penurunan tajam dalam suhu dan
menyalakan pemanas di rumah untuk smartwatches atau 'Produk pakaian' lain yang
dapat membuka kendaraan sebagai sopir berjalan ke pintu tanpa sentuhan.
2.3. Dampak Negatif dan Positif pada Perkembangan Telematika
Dalam jangka pendek, sInovasi inovasi akan menyebabkan
gangguan signifikan terhadap organisasi operasi pengiriman dan pelayanan
kendaraan, namun
Teknologi terus berubah dan diperbarui, tapi itu bukan hal yang buruk.
Menggunakan telematika dengan kemampuan teknologi memungkinkan pengguna untuk
melakukan banyak hal. Kemungkinan tidak terbatas. Setiap orang harus gembira
tentang apa yang masa depan
3. KESIMPULAN
Dari hari kehari
perkembangan telematika dalam bidang jasa make up semakin maju, hal
ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan akan telematika itu
sendiri. Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk membuat aplikasi
berbasis telematika ini dan juga beraneka ragam kebutuhan
informasi transportasi akan memudahkan bagi pengguna telematika dalam memenuhi
kebutuhannya. Dengan adanya perkembangan telematika di bidang make-up contohnya
pada inovasi “Yuk-Beauty!” sangat memberikan banyak manfaat bagi
pengguna salah satunya membuat pengguna aman dalam menggunakan telematika
tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
http://blog.uad.ac.id/tole/2009/05/sistem-telematika-vehicle-pada-strategi-kendali-hev-hybrid-electric-vehicle-cerdas/
Nunik Kurniasih
16113578
4ka17
Komentar
Posting Komentar