Tulisa 6
Kisah Sukses
“ Kebab Baba Rafi “
Kisah sukses kali ini
mengulas sepak terjang Hendy Setiono. Boleh jadi nama Hendy Setiono belum
terlalu familiar di hati kita. Akan tetapi tahukah Anda bahwa beliau adalah
pebisnis kebab yang kita kenal dengan nama Kebab Turki Baba Rafi? Beliau adalah
pemilik sekaligus pendiri PT Baba Rafi Indonesia (bisnis waralaba kuliner
dari Indonesia).
Bisnis
pertamanya adalah Kebab Turki Baba Rafi yang dirintis mulai tahun 2003 di
Surabaya. Nama Baba Rafi sendiri terinspirasi dari nama depan anak pertamanya
yaitu Rafi Darmawan. Sedangkan nama Baba berasal dari bahasa Arab yang artinya
bapa. Usaha Hendy Setiono dirintis ketika beliau masih duduk di bangku kuliah
dan berumur 20 tahun. Beliau memulai usaha tersebut hanya dari sebuah
gerobak dengan modal Rp 4 juta yang berasal dari pinjaman adiknya sendiri.
Salah
satu pengalaman pahit beliau ketika memulai bisnisnya yakni uang
hasil penjualan dibawa lari oleh karyawan, bahkan niatnya untuk
menjalankan usaha ini sempat tidak mendapat persetujuan orang tuanya.
Kesuksesan bisnis Hendy Setiono tidak memerlukan waktu lama. Dalam jangka waktu
3-4 tahun kerja kerasnya berhasil mengembangkan sayap bisnis di mana-mana.
Hingga di penghujung tahun 2006, Hendy Setiono telah memiliki 100 outlet Kebab
Turki Baba Rafi yang tersebar di 16 kota di Indonesia.
TV
BBC London & majalah Business Week International pernah meliput usaha Hendy
Setiono tersebut. Setelah itu ada orang yang menawari Hendy Setiono membuka
outlet Kebab Turki Baba Rafi di Trinidad & Tobago dan Kamboja.
Atas kesuksesan bisnis waralaba tersebut, beliau telah
meraih berbagai penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri di
antaranya Indonesian Small Medium Business Entrepreneur Award 2006 diberikan
oleh Menteri Koperasi & UKM, Best Achievement at Young Entrepreneurs
Award 2007 versi Bisnis Indonesia, Special Achievement Go International 2008
pada ajang Indonesia Franchise Award, dan masih banyak lagi.
Berbekal
pengalaman mengikuti seminar dan memperkuat hubungan antarpebisnis, Hendy
Setiono menciptakan motto LATEM yang merupakan kebalikan dari METAL. L: Lihat
peluang yg ada. A: Amati caranya & lakukan. T: Tirukan cara yg mungkin
dapat diadopsi. E: Evaluasi peluang itu. M: Modifikasi cara yang telah dipilih
itu. Beliau menuturkan bahwa motto tersebut sudah ada sebelum bisnisnya dimulai
sebagai motivasinya sendiri.
Salah
satu sosok yang menginspirasinya dalam meraih sukses adalah kisah sukses Tony
Fernandes, pemilik Airasia. Kini Hendy Setiono telah berhasil memiliki &
mengembangkan 4 merek waralaba yakni Kebab Turki Baba Rafi, Roti Maryam Aba
Abi, Piramizza, dan Ayam Bakar Mas Mono. Usaha Kebab Turki Baba Rafi Hendy
Setiono pun telah berhasil menembus pasar internasional yaitu di Malaysia dan
Filipina. Total outlet Kebab Turki Baba Rafi kini berjumlah 1000 outlet yang
telah menghiasi tiga negara.
“Bagi
saya dalam membangun bisnis harus memiliki karakter & passion yang kuat,
berbisnis dengan komitmen & pantang menyerah. Ketakutan harus dirubah
menjadi keberanian dengan secepatnya melakukan action agar
dapat selalu mencreate “sesuatu” yg baru & inovatif dan pada akhirnya
akan tetap menjadi yang terdepan, apalagi jika kita menawarkan produk-produk yg
unik, berbeda, dan berkualitas. Ingat bagaimana nikmatnya berkah sukses dan
tetap berpikir positif karena di setiap kegagalan mengandung hikmah, ujar Hendy
Setiono seraya mengakhiri perbincangan kami dengannya.
PT
Baba Rafi Indonesia di Jakarta dan Surabaya memercayakan software Zahir
Accounting untuk menunjang pencatatan keuangan bisnisnya sekaligus menilai
kinerja keuangan dengan cepat dan tepat.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar